Senin, 11 Maret 2013

MEMBUAT CAMERA OBSCURA

Mungkin sebagian dari kalain baru pertama kali denger ada kamera yang namanya obscura. Kamera jenis apa ini? Apa bedanya kamera ini sama kamera-kamera yang ada sekarang ini? kok bisa orang awam yang gak ngerti sama sekali tentang seluk beluk kamera yang cuma bisa make doang, tiba-tiba bisa ngebuat kamera?

Stop dulu memunculkan pertnyaan di atas. Langsung aja kita ke TKP nya.

ini ni yang namanya kamera obscura. Namanya boleh keren, tapi ternyata jadul ya. Tapi jangan salah, kamera ini adalah cikal bakal dari kamera yang biasa kita pake buat potret-potretan. Bisa dibilang kamera ini nenek moyangnya kamera.


Kamera obskura adalah perangkat optik yang memproyeksikan gamabar dari sekitarnya pada sebuah layar. Kamera Obscura merupakan kotak kamera yang belum dilengkapi dengan film untuk menangkap gambar atau bayangan. Kamera ini memungkinkan kita melihat gambar dari objek dalam depan pada layar di belakang kamera. Hal ini digunakan dalam menggambar dan untuk hiburan, dan merupakan salah satu penemuan yang mengarah ke fotografi dan kamera . 

Seperti yang udah disinggung sebelumnya, perangkat kamera  ini terdiri dari sebuah kotak atau ruangan dengan lubang di satu sisi. Cahaya dari luar (objek) akan melewati lubang dan di dalam kotak (ruang gelap) akan dihasilkan bayangan yang terbalik, tetapi dengan warna sesuai dengan warna asli objeknya.



Nah.. gambar di atas ini adalah prinsip bayangan yang dibentuk oleh kamera obscura. Gimana? Tertarik dak pengen buat sendiri?

Ini ada beberapa PDF yang bisa temen-temen jadiin panduan untuk buat karya spektakuler yang sederhana ini.Keempat PDF ini saling berkaitan, jadi ada PDF yang berisi alat dan langkah kerja, PDF yang lain berisi panduan untuk mengaitkan prinsip kerja kamera ini sesuai dengan ilmu fisika, dan satu PDF lagi tentang penerapan kamera obscura dalam seni lukis.

Selamat mencoba....

1. cam obscura student
2. cam obs prog
3. camera obscura david hockney
4. cam obs teach

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More